5+ Situs & Aplikasi Jual Foto dan Gambar Online Terbaik 2022

97 / 100

Ada banyak situs dan aplikasi jual foto dan gambar online yang bisa dimanfaatkan sekarang. Jadi, tergantung kontributor, mau pilih yang mana.

Bahkan ada beberapa situs dan aplikasi yang memberikan keluwesan kepada kontributor untuk jual foto mereka di platform lain.

Komisi penjualan yang didapat kontributor cukup variatif mulai dari 5-45% dari total penghasilan. Bahkan bisa lebih dari itu terlebih untuk kontributor eksklusif.

Tiap platform punya market size sendiri. Misalnya nih, Opensea yang marketnya lebih ke seniman dan fotografer yang ingin jual kepemilikan atas satu karya.

Oh iya, selain jual foto, kontributor juga bisa jual file digital lain seperti gambar vektor, template siap pakai, gambar jadi, karya seni digital dan lain sebagainya.

Karena itu, untuk anda yang sedang cari aplikasi foto penghasil uang, platform jual foto dibayar dollar atau cara jual foto di shutterstock.

Termasuk juga cara upload foto dapat uang 2022, cara jual foto receh, jual foto di Indonesia serta aplikasi jual foto di Android dan iOS 2022, simak artikel ini sampai habis.

5+ Situs & Aplikasi Jual Foto dan Gambar Online Terbaik 2022

Lantas, apa saja situs dan aplikasi jual foto dan gambar online terbaik 2022? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Shutterstock Contributor

Cara Kerja Online Dibayar

Aplikasi jual foto dan gambar untuk pemula yang pertama adalah Shutterstock Contributor yang bisa di unduh di Google Play Store dan App Store.

Shutterstock sendiri adalah salah satu situs microstock terbaik sekarang yang cocok dimanfaatkan pembuat konten kreatif dan ingin menghasilkan uang dari situ.

Hanya saja, sepengalaman saya, untuk daftar sebagai kontributor lewat aplikasi Shutterstock sedikit lebih susah.

Selain itu, setelah isi data akun pendaftar, anda juga akan dialihkan ke website. Karena itu, ada baiknya anda daftar di situs microstock langsung.

Lantas, media apa saja yang bisa dijual di Shutterstock? Ada banyak dan terbagi dalam beberapa kategori seperti:

  • Gambar yang terdiri dari foto, vektor, gambar offset dan koleksi kurasi
  • Video footage untuk semua kategori mulai dari video hewan, satwa liar, objek, industri dan lain sebagainya
  • Musik yang terintegrasi sama platform jual beli musik lain milik Shutterstock yakni Premium Beat
  • Template siap pakai seperti template media sosial dan template cetak untuk kartu nama, sertifikat, kupon dan flyer
  • File editorial seperti hiburan, royalti dan juga lain sebagainya
  • Gambar model 3D seperti TurboSquid dan PixelSquid
  • Dan alat seperti aplikasi seluler, plugin, pengubah ukuran gambar, pembuat kolase dan lain sebagainya

Selain jual foto, shutterstock juga menawarkan program affiliasi di dashboard akun yang memungkinkan kontributor tambah-tambah penghasilan.

Ada dua jenis affiliasi yang tersedia yakni referral artist dan juga affiliasi buyer. Jadi, tugas anda hanya mengajak kontributor baru shutterstock atau pembeli file digital.

2. Opensea: Marketplace NFT Foto Terbaik

Situs & Aplikasi Jual Foto dan Gambar Online Terbaik

Tak ada salahnya jika memanfaatkan Opensea untuk jual foto di tahun 2022. Yang penting konsisten dan tahu market foto yang hendak di jual.

Artinya, jika suka fotografi dan merasa ribet untuk jual di situs microstock seperti Foap atau Shutterstock, coba jejal marketplace satu ini.

Hanya saja, prosesnya sedikit lebih ribet. Dimana, anda harus buat akun baru dan punya dompet Etherum seperti Metamask atau Coinbase.

Selain itu, metode pembayaran yang didukung hanya satu yakni Eth dan harus tentukan harga foto yang akan dijual.

Baca Juga:

Makin murah harganya, makin besar juga peluang file tersebut dibeli. Perhatikan, jika gabung di Opensea, yang dijual bukan saja filenya tapi juga kepemilikan atau hak cipta foto.

Dengan demikian, saat pembeli membeli foto anda, mereka membeli kepemilikannya meski terbatas pada bentuk fisik saja.

Sementara, apabila NFT tersebut sudah terjual, koin Eth yang didapat harus di transfer ke dompet digital seperti yang sudah saya sebutkan diatas.

Selanjutnya tinggal jual koin untuk kemudian di tarik jadi uang tunai. Untuk tersebut kemudian ditransfer ke rekening bank untuk digunakan sesuai kebutuhan.

Memang sih terdengar ribet tapi tapi ada pengalaman baru menjejal dunia microstock dengan sistem dan opsi pembayaran yang baru.

Tiap transaksi pun dijamin keamannya karena menggunakan teknologi blockchain. Sehingga, risiko kehilangan dana atau uang amat sangat kecil.

3. Foap: Sell Your Photos

Situs & Aplikasi Jual Foto dan Gambar Online Terbaik

Aplikasi Foap menawarkan cara unik untuk menghasilkan uang dari foto dan tampilannya tidak sama seperti situs jual beli foto online pada umumnya.

Konsepnya sama seperti media sosial. Dimana, setelah daftar, pengguna bisa langsung posting foto-foto buatan mereka.

Nantinya, jika ada pengikut yang suka dengan foto tersebut atau karena foto tersebut menarik, orang-orang bisa membelinya.

Tersedia juga misi-misi yang bisa diselesaikan fotografer. Mulai dari partisipasi dalam photo of the week, program illuminating dan lain sebagainya.

Saat kolom misi di klik, ada banyak sekali kategori misi yang bisa diikuti. Tinggal klik partisipasi di untuk ikut ambil bagian didalamnya.

Oh iya, misi tersebut mirip dengan kompetisi atau lomba. Foto siapa yang terbaik, dialah yang akan dapat hadiahnya.

Untuk hadiah per misinya lumayan banyak dan cukup variatif. Misalnya, pada misi photo of the week, pengguna bisa dapat hadiah hingga US$100.

FYI, secara umum, ada empat cara menghasilkan uang dari Foap, seperti:

  • Berpartisipasi dalam foap market untuk dapat komisi yang besarannya bergantung sama harga file yang terjual
  • Getty Comision yang memungkinkan anda dapat tambahan penghasilan dari Integrasi foto di Getty Images
  • Mission Rewards yang memungkinkan anda dapat tambahan penghasilan jika berhasil jadi pemenang misi harian, mingguan atau bulanan
  • Album Komisi yang memungkinkan anda dapat tambahan penghasilan dari foto-foto yang ada di album milik anda

Oh iya, jika ingin partisipasi dalam Misi foap diatas, anda harus punya foap coins. Untuk dapat koin foap ini ada dua cara.

Pertama, dengan membelinya di laman Foap coins atau dengan menonton video iklan di dalam aplikasi. .

4. Depositphotos

Situs & Aplikasi Jual Foto dan Gambar Online Terbaik

Sama seperti shutterstock dimana Depositphotos adalah situs microstock yang memungkinkan pengguna jual foto terbaik mereka.

Selain foto, kontributor juga bisa jualan file digital lain seperti gambar vektor, gambar ilustrasi dan gambar koleksi berbagai model.

Juga bisa jualan video footage berkualitas tinggi untuk genre apa saja, music, SFX atau efek spesial dan lain sebagainya.

Hanya saja, standar file yang di upload cukup tinggi. Artinya, foto atau video yang mau diunggah di Depositphotos harus berkualitas tinggi.

Disisi lain, agar bisa upload gambar di platform ini, anda harus daftar sebagai kontributor. Siapa saja bebas daftar, sepanjang syarat dan ketentuan dipenuhi.

Komisinya berapa? Untuk saat ini, pihak Depositphotos menawarkan komisi antara $0,30 sampai $37,40 per foto yang terjual.

Untuk video, kontributor bisa dapat komisi $4,30 hingga $71. Minimum payout di platform ini adalah $50 via Paypal atau metode pencairan lain yang didukung.

Satu hal penting yang harus diperhatikan yakni semua file, entah itu foto dan video, yang diposting di platofrm ini berlisensi royalty-free.

Royalty-free lisensi sendiri merupakan bentuk paling dasar dari lisensi berbayar yang diadopsi oleh hampir semua platform microstock.

5. DreamStime

Situs & Aplikasi Jual Foto dan Gambar Online Terbaik

Berikutnya ada Dreamstime, salah satu situs microstock terbaik yang memungkinkan pengguna jualan file digital termasuk foto.

Termasuk juga gambar illustrasi, video footage, gambar vektor, efek audio, instrumen musik dan lain sebagainya.

Hanya saja, format file digital yang di unggah harus menggunakan beberapa format dibawah ini, seperti:

Jenis fileFormat
GambarJpeg
Videomov, avi, mp4, wmv, mpeg; Audio: wav, flac;
Vektorcdr, ai, eps, svg; RAW: crw, dng, nef, raf, dcr, mrw, orf, srf, pef, j6i, x3f, pmp, cr2, cmt, mos, arw, rw2;
TransparanPNG

Tersedia juga tautan referral yang bisa digunakan untuk merujuk buyer agar membeli gambar di platform ini.

Komisi affiliasinya cukup besar dimana anda akan dapat hingga 60% dari total biaya pembelian atau sekitar $0,35 hingga $12,24.

Jika lisensi pembeliannya diperpanjang, anda bisa dapat hingga $40,80. Komisi yang sangat tinggi di banding platform sejenis.

Oh iya, ada dua kategori kontributor di Depositphotos. Pertama, kontributor biasa dan kedua kontributor eksklusif.

Untuk kontributor eksklusif, mereka bisa dapat hingga $0,20 per gambar yang di unggah. Jadi, penghasilan mereka bukan dari jumlah download melainkan unggahan.

Selain dapat bayar untuk unggah foto, mereka juga akan dapat benefit lain seperti referral program untuk mengajak kontributor baru bergabung ke Depositphotos.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini bakal saya ulas dalam bentuk QnA dibawah, diantaranya:

1. Apakah semua situs dan aplikasi jual foto online diatas sudah terbukti membayar?

Jawabannya Ya. Hanya saja, baru satu platform yang sudah saya rasakan sendiri hasilnya yakni Shutterstock. Klik disini untuk baca pengalan payout pertama kali dari platform tersebut.

Untuk marketplace lain, Opensea, Depositphotos, Foap dan lainnya belum pernah payout. Dari popularitasnya saja dapat dipastikan kalau marketplace tersebut benar membayar.

2. Bagaimana cara menentukan harga jual foto di Opensea?

Soal ini agak sedikit sulit sih. Harga jualnya tidak ditentukan dalam bentuk uang cash melainkan Ethereum.

Tapi, mayoritas foto dijual cukup murah berkisar 0.0000001 ETH atau setara dengan Rp2.000 bergantung nilai Eth dan kualitas foto itu sendiri.

3. Bagaimana cara meningkatkan penghasilan dari situs jual beli foto online?

Cara paling umum adalah dengan meningkatkan jumlah foto atau file yang di unggah. Artinya, makin banyak foto yang di upload makin besar juga peluang untuk dibeli.

Jadi penting untuk riset keyword untuk mengetahui jenis foto mana paling di cari. Jika sudah, tinggal buat foto untuk kata kunci tersebut.

Penutup

Tiap platform diatas tersedia versi aplikasi dan versi situs. Jadi, bisa pantau pendapatan dari ponsel, termasuk unggah file seperti gambar atau foto disitu.

Lebih lagi, anda bisa manfaatkan beberapa opsi lain untuk tambah-tambah penghasilan. Misalnya, di Opensea, yang menawarkan program Bug Bounty untuk kontributornya.

Atau mungkin, Shutterstock yang menyediakan link undangan untuk ajak kontributor baru serta buyer.

Demikian artikel tentang situs & aplikasi jual foto dan gambar online terbaik 2022. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar