Macam-Macam Cara Dapat Uang dari Microstock 2021

Cara paling umum yang dilakukan kontributor untuk mendapatkan uang dari Microstock adalah dengan jualan foto.

Meski demikian, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk tambah-tambah balance saldo di situs microstock yakni dengan merujuk orang.

Artinya, anda menyebarkan tautan affiliasi kepada orang untuk membeli produk baru di situs microstock tersebut.

Selain rujuk pembeli atau buyers, ada juga situs microstock yang memungkinkan anda mengajak kontributor baru untuk jualan produk serupa.

Poin inilah yang saya lakukan usai daftar di Shutterstock. Bahkan sudah payout sekali dari program rujukan kontributor tersebut.

Pengalaman itu sudah saya bahas di blog saya yang lain. Untuk membacanya, boleh klik tautan ini.

Artinya, di postingan ini saya fokus ke cara dapat uang dari situs microstock. Penasaran apa saja caranya? Simak selengkapnya artikel dibawah ini.

3+ Cara Dapat Uang dari Microstock 2021

Lantas, bagaimana cara mendapatkan uang dari Microstock? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Jualan file digital

Cara Menghasilkan Uang dari Shutterstock

Cara pertama dan paling populer adalah dengan jualan file digital mulai dari foto, video, gambar vektor, template PPT dan lain sebagainya.

Ini sesuai dengan konsep situs microstock itu sendiri yang menyediakan stock file digital untuk berbagai kebutuhan baik itu personal atau bisnis.

Sebelum jualan file digital, foto misalnya, biasanya seseorang harus daftar dulu sebagai kontributor di satu situs.

Cara daftarnya sih sangat mudah dan mayoritas situs microstock sudah menyediakan laman khusus untuk kontributor.

Baca Juga:

Usai daftar, beberapa situs micrsotock mengharuskan anda mengupload file pertama kali untuk ditinjau.

Peninjauannya terbagi dalam beberapa kategori mulai dari kualitas file, nama file, formatnya apa, apakah terdeteksi duplikat dengan stock foto lain dan seterusnya.

Jika portofolio pertama anda berhasil disetuji, anda bisa akses akun kontributor sepenuhnya. Meski tidak semua situs microstock demikian.

Misalnya, di Shutterstock, pengguna tetap bisa akses laman kontributor tanpa harus upload file digital apapun.

Yang penting, sudah daftar jadi kontributor. Selebihnya, tinggal manfaatkan fitur tambahan lainnya untuk dapat penghasilan.

2. Merujuk orang untuk daftar jadi kontributor

Cara Menghasilkan Uang dari Shutterstock

Cara kedua adalah dengan merujuk orang untuk daftar jadi kontributor di situs microstock yang menyediakan opsi ini.

Saya sendiri pernah dapat penghasilan sekitar $65 lebih hanya dengan merujuk orang untuk bergabung atau daftar jadi kontributor.

Lantas, situs mana yang menyediakan tautan undangan kontributor baru? Bisa manfaatkan Shutterstock.

Perhatikan, agar bisa dapatkan tautan referral, harus daftar dulu sebagai kontributor. Jika sudah dapat full akses ke akun, bisa salin tautan referral yang ada.

Tidak ada syarat khusus dimana anda harus bagikan tautan referral tersebut. Jadi boleh share ke Media sosial seperti Facebook, ke Apllikasi pesan instan seperti WhatsApp dan lain sebagainya.

Lebih bagus lagi jika punya Blog atau Channel Youtube. Nah, bisa bagikan langsung disitu agar orang yang diajak makin banyak.

Selain shutterstock, anda juga bisa manfaatkan tautan referensi dari Dreastime dengan komisi yang nyaris sama seperti Shutterstok.

Hanya saja, tautan referensi di Dreamstime ini berlaku saat mengajak kontributor baru daftar di aplikasi atau melakukan pembelian didalam aplikasi.

3. Manfaatkan program afiliasi

Cara Dapat Uang dari Microstock

Komisi paling besar bisa didapatkan jika berhasil merujuk orang atau lembaga untuk melakukan pembelian didalam aplikasi.

Caranya cukup sederhana dimana anda hanya perlu bagikan tautan affiliasi yang diperoleh didalam aplikasi ke berbagai platform.

Mulai dari Youtube, Blog, Media Sosial seperti Facebook dan Tiktok sampai aplikasi pesan instan seperti WhatsApp atau Telegram.

Lantas, komisinya berapa? Rata-rata, komisi referensi rujukan itu sekitar 10% dari setiap pembelian atau penjualan produk dengan cookie hingga 30 hari.

Cara yang ketiga ini sama seperti cara kedua yang sudah saya bahas diatas. Artinya, agar bisa dapat tautan afiliasi, harus daftar dulu sebagia kontributor.

Ada sih beberapa situs yang menyediakan laman pendaftaran terpisah untuk daftar sebagai referral dan reseller.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini bakal saya ulas dalam bentuk QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apa sih yang dimaksud dengan microstock?

Microstock adalah situs atau platform yang memungkinkan anda dapat penghasilan dengan menjual file digital.

File digital itu apa? Ada banyak. Beberapa diantaranya sudah saya singgung diatas.

Artinya, anda bisa jual foto, video footage, mockup, gambar vektor, gambar bitmap, lagu, template presentasi, infografis dan lain sebagainya.

Kategori gambar yang bisa dijual umumnya terbagi dalam dua jenis yakni foto, ilustrasi, template dan audio.

Mayoritas situs microstock itu menyediakan file digital bebas royalti. Artinya, orang bisa unduh dengan bebas file yang ada.

Meski demikian, ada ketentuan hak cipta yang harus dipenuhi yakni menyertakan sumber atau tautan ke tempat downloadnya.

Jika gak mau tempatkan link sumber gambar asli, buyers bisa beli file digital tersebut dengan harga yang sudah ditentukan.

Dari sinilah para kontributor akan dapat penghasilan. Memang sih, harga per gambar agak sedikit kecil, tapi jika file tersebut sudah banyak di download, maka penghasilan akan meningkat.

Dengan demikian, tugas kontributor hanyalah mengupload file digital sebanyak-banyaknya.

2. Apa saja contoh situs microstock yang ada sekarang?

Untuk contohnya ada banyak seperti Shutterstock, Getty Images, iStock, Dreamstime, Deposhitphotos, 123RF, Canva dan lain sebagainya.

Jika ditanya mana situs microstock paling direkomendasikan penggunaannya, saran saya hanya dua yakni Shutterstock dan Dreamstime.

3. Bagaimana cara daftar di salah satu situs microstock?

Untuk daftar, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Pertama, dengan mengunjungi salah satu dari beberapa situs microstock diatas.

Biasanya, ada opsi untuk daftar sebagai kontributor. Letaknya ada di menu footer situs.

Kalau daftar dibagian atas, biasanya untuk akun buyers atau pembeli. Tapi sistem tersebut tidak didukung semua situs microstock.

Karena ada juga beberapa situs yang akun buyers dan kontributor di jadikan satu.

Sebagai contoh nih, jika mau daftar di Shutterstock, kunjungi dulu laman kontributor shutterstock.

Lalu daftar disitu. Untuk daftar, ada beberapa kolom yang harus diisi mulai dari email dan password, identitas pendaftar, konfirmasi email dan terakhir upload gambar pertama.

Proses daftarnya sih sangat mudah. Yang penting, data-data yang diinput benar dan email yang digunakan valid.

Setelah itu, tinggal upload foto atau file digital sebanyak mungkin karena dari sinilah anda bisa dapat penghasilan.

Penutup

Satu hal penting yang tidak boleh di lupakan adalah pajak. Sebelum mencairkan penghasilan, biasanya anda diminta untuk memasukkan formulir pajak dulu.

Ada beberapa formulir yang disiapkan langsung oleh platform ada juga yagn harus dibaut sendiri dengan mendownload template yang sudah ada.

Itu saja sih. Selebihnya tinggal manfaatkan kreativitas agar penghasilan anda dari stius microstock makin banyak.

Demikian artikel tentang macam-macam cara dapat uang dari Microstock. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar