Gaji Streamer di Facebook Gaming: Cara Hitung dan Sumber Penghasilan Lain

Jumlah gaji streamer di Facebook gaming sebenarnya kembali ke pengikut atau followers yang dimiliki dan faktor-faktor teknis lain.

Faktor lain ini apa? Ada banyak mulai dari jumlah penonton saat live streaming berlangsung, pemanfaatan semua fitur monetisasi serta loyalitas viewers.

Jadi, tidak ada yang tahu pasti berapa gaji yang sebenarnya diterima oleh streamer kecuali streamer itu sendiri.

Tapi, ada hitung-hitungan logisnya. Perhitungan bisa didasarkan pada tiga aspek mulai dari total rata-rata tayangan iklan, jumlah pendukung serta jumlah stars atau bintang yang diperoleh.

Dan hitung-hitungan dibawah ini hanya berdasarkan asumsi sebab penghasilan streamer itu masuk dalam kategori pasif.

Kadang pendapatan iklan dan stars banyak, kadang juga sedikit. Dengan begitu, ulasan dibawah ini hanya sekedar perhitungan matematis sederhana yang tidak bisa dijadikan acuan.

Dan untuk anda yang sedang cari tahu cara hitung gaji streamer di Facebook gaming atau cara hitung pendapatan di halaman Facebook, simak artikel ini sampai habis.

3+ Cara Hitung Gaji Streamer di Facebook Gaming 2021

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 3+ cara hitung gaji streamer di Facebook gaming termasuk pendapatan iklan di halaman facebook.

1. Pendapatan dari tayangan iklan

Gaji Streamer di Facebook Gaming

Pendapatan pertama dari tayangan iklan yang bisa dilihat pada Insight Pendapatan halaman Facebook dan dihitung dalam tiga bentuk, yakni:

Iklan JedaDiperoleh dari estimasi jumlah iklan berdasarkan impresi dan CPM iklan yang tayang. Untuk poin ini, asumsikan saja estimasi ini benar-benar murni, tanpa ada bagi hasil pendapatan karena klaim kepemilikan konten atau penyesuaian lainnya
RPM IklanRPM yang diperoleh dari jumlah iklan yang berhasil tayang 1000 kali saat video tersebut di tonton. Jika RPM meningkat, maka pendapatan juga meningkat meski dipengaruhi juga bid anggaran yang dikeluarkan pengiklan
Total video yang dipostingMakin banyak video yang di posting, makin banyak iklan jeda yang tayang, yang berdampak pada RPM termasuk juga estimasi pendapatan harian yang diperoleh pemilik halaman Facebook

Yang jadi pertanyaan disini adalah berapa sih rata-rata CPM untuk iklan in Stream? Termasuk juga jumlah RPM?

Sekali lagi, masih pakai asumsi. Anda punya 1 halaman Facebook dengan pengikut 100.000 dan sudah monetisasi juga.

Dan konten halaman Facebook anda adalah game. Dan ada banyak faktor yang mempengaruhi CPM juga mulai dari jumlah tayangan iklan sampai bid harian pengiklan.

Baca Juga:

Dari beberapa sumber yang saya dapatkan, CPM untuk iklan Instream bisa lebih dari $50 atau dibawah dari $0.12.

Mari ambil nilai yang paling rendah yakni $0.12 atau sekitar Rp1500. Kedua, soal RPM yang juga dari beberapa sumber, rata-rata dapat $0,5.

Meski demikian, dari beberapa sumber yang saya dapatkan, masih banyak kreator yang bingung perhitungan estimasi pendapatan di Facebook.

Yang jelas, pendapatan harian mereka dalam bentuk estimasi. Jika dilihat, rata-rata total pendapatan yang diperoleh saat streaming berlangsung sekitar $5/hari.

Dengan demikian, jika streamer melakukan live streaming selama 30 hari full, maka ia bisa dapat hingga $150 yang penting konsisten di angka tersebut.

Itu selama streaming berlangsung. Bisa saja, ada followers yang nonton video setelah stream itu berakhir dan tetap muncul iklan dari in-stream didalamnya.

Tapi, ambil saja nilai rata-rata total penghasilan diatas agar pendapatannya bisa diperkirakan berapa yakni $150 diatas.

Dengan demikian, pendapatan dari tayangan iklan ini adalah $150/bulan dengan asumsi, selama 30 hari, live streaming dilakukan setiap hari.

2. Pendapatan dari Stars Facebook

Gaji Streamer di Facebook Gaming

Khusus untuk streamer atau halaman Facebook yang telah memenuhi syarat, mereka juga bisa dapat penghasilan dari donasi viewers.

Dimana, pengikut bisa kirimkan stars atau hadiah kepada streamer. Untuk setiap stars yang dikirim, streamer akan dapat $0,01.

Mari ambil data yang sama diatas dimana fanpage anda punya 100rb follower dengan rata-rata viewers tiap kali streaming berlangsung adalah 5% dari total pengikut.

Dengan demikian, ada lebih dari 5rb orang yang nonton live streaming ada. Sementara, 10% dari penonton anda selalu berikan donasi.

Asumsikan saja begini, pendapatan dari stars per hari untuk tiap kali streaming itu ada 2.000. Dengan demikian, jika anda streaming tiap hari dalam 30 hari maka anda dapat 60.000 stars.

60.000 stars dikalikan dengan $0,01 maka anda mendapatkan $600 yang jika dirupiahkan untuk kurs 14.000 setara dengan Rp8.4juta.

3. Pendapatan dari supporter

Gaji Streamer di Facebook Gaming

Pendapatan streamer yang terakhir datang dari Supporter dimana pengikut bisa support kreator yang disukai.

Cara supportnya sih cukup sederhana, dimana pengguna hanya perlu membayar sekian uang sesuai nominal yang ditentukan.

Misalnya nih, 0,50% dari total followers anda untuk halaman dengan 100rb pengikut atau sekitar 500 orang jadi supporter.

Biaya langganan supporter adalah Rp23.000/bulan. Dengan demikian, pendapatan bulanan dari supporter Rp11.500.000 dari hasil perkalian Rp23.000×500.

Total Pendapatan Streamer di Facebook Gaming

Dengan berbagai data diatas, maka total pendapatan Streamer di Facebook gaming bisa dilihat pada tabel dibawah ini:

Sumber pendapatanJumlahDalam Rupiah [Kurs 14rb]
Iklan In-Stream$700 Rp2.100.000
Stars Facebook$600 Rp8.400.000
SupporterRp11.500.000 Rp11.500.000
Jumlah TotalRp22.000.000

Seperti yang saya sebutkan diatas, meski nominal diatas cenderung besar, tapi yang tahu hanya si streamer game itu sendiri.

Disisi lain, banyak yang bilang kalau pendapatan streamer paling besar berasal dari stars yang dikirim viewers.

Ambil contoh sederhana, Zan dalam video yang di upload Yakis di Youtube dimana target starsnya hanya 50000 tapi zan sudah dapat lebih dari 104.028.

Jumlah diatas jika dikalikan 0,01 setara dengan $1.040,28 yang jika dikalikan lagi dengan kurs 14rb maka pendapatan dari starsnya lebih dari Rp14.000.000.

Angka yang sangat banyak untuk dapat uang hanya dari stream selama 4 jam. Dan ini sekali stream ya.

Penghasilan diatas pun bisa lebih banyak atau mungkin lebih sedikit pada stream berikutnya. Jadi, penghasilannya naik turun.

Yang lebih keren lagi, penghasilan Streamer game juga bisa bertambah dengan memanfaatkan sumber penghasilan lain, seperti:

  • Ikutan turnamen antar streamer dengan hadiah yang jumlahnya tidak diketahui dengan pasti. Yang jelas, nominalnya lebih dari Rp10.000.000 jika berhasil jadi juara
  • Upload video stream di Youtube untuk konten-konten menarik, yang juga bisa di monetisasi dengan Google AdSense
  • Upload video durasi pendek yang memungkinkan estimasi penghasilan di dashboard Studio Facebook lebih tinggi
  • Memonetisasi media sosial lain yang dimiliki entah itu TikTok dan Instagram terlebih yang followersnya banyak

Atau mungkin sumber pendapatan lain seperti membuka kelas gratis seperti yang dilakukan Entruv serta jadi profesional [layer dengan gabung ke tim E-Sports.

Semua sumber penghasilan diatas pun bisa ditekuni atau dilakukan streamer individual. Dengan demikian, penghasilan mereka makin banyak.

Penutup

Menghasilkan uang dengan memanfaatkan kemampuan dan minat adalah salah satu solusi jitu di era sekarang ini.

Yang penting rajin buat konten dan bisa memanajemen waktu dengan baik. Sudah pasti, niat tersebut pasti akan membuahkan hasil.

Demikian artikel tentang jumlah gaji streamer di Facebook Gaming dan Sumber Pendapatan lain. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar