5+ Situs & Media Untuk Kirim Tulisan Dapat Honor Terbaik 2022

4 min read

Situs & Media Untuk Kirim Tulisan Dapat Honor Terbaik
85 / 100

Mau tahu apa saja situs & media untuk kirim tulisan dapat honor terbaik untuk tahun 2022? Jika iya, simak artikel ini sampai habis.

Seperti kata Pramoedya Ananta Toer, Menulis adalah bekerja untuk keabadian. Bagi para penulis, pendapat itu benar adanya.

Hanya saja, menulis itu tidak mudah. Ada dua proses yang harus dilakukan yakni berpikir lalu menuangkannya lewat tulisan.

Jika tulisan itu hanya dinikmati sendiri, mungkin tata bahasa tidak jadi masalah. Tapi jika menulis dinikmati oleh banyak orang, mungkin harus belajar teknik dasarnya seperti apa.

Dan hari ini, ada banyak sekali platform yang memungkinkan orang-orang yang hobi menulis untuk mengirim tulisan mereka disitu.

Bahkan, platform tersebut rela mengeluarkan sejumlah uang sebagai bentuk penghargaan kepada penulis atau sekedar ucapan terima kasih.

Besarannya sih bergantung penuh sama platform. Ada yang dibayar per tulisan sementara yang lainnya dibayar berdasarkan berapa banyak orang yang membaca tulisan tersebut.

Dan jika ditanya situs dan media untuk kirim tulisan lalu dapat honor dari situ, jawabannya ada dalam daftar dibawah ini.

Oleh karena itu, untuk anda yang ingin cari situs untuk kirim tulisan dapat honor, media yang menerima tulisan, situs yang membayar penulis, simak artikel ini sampai habis.

5+ Situs & Media Untuk Kirim Tulisan Dapat Honor Terbaik 2022

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 5+ situs dan media untuk kirim tulisan dapat honor terbaik 2022, yakni:

1. Mojok

Situs & Media Untuk Kirim Tulisan Dapat Honor Terbaik

Jika suka buat opini yang renyah dan mengalir untuk topik-topik yang sedang hangat, bisa kirim konten ke Mojok.

Aslinya, platform ini tidak sama seperti dua situs UGC yang sudah saya bahas diatas. Kalau artikelnya asal-asalan, jangan harap bisa terbit.

Satu hal penting juga yang harus diperhatikan yakni, anda tidak perlu buat akun di Mojok. Cukup siapkan konten anda dengan rapi lalu kirim ke redaksi.

Sebelum kirim artikel, ketahui dulu visi Mojok. Sedikit nakal, banyak akal. Artinya, selain konten yang renyah dan mengalir, harus satire.

Sayangnya, sampai hari ini, bayaran untuk artikel yang berhasil terbit di mojok masih misteri. Tapi, dari beberapa pengalaman penulis yang tulisannya berhasil terbit, dapat honor Rp300.000.

Baca Juga:

Jumlah yang sangat tinggi di banding platform lain. Bayaran yang didapat pun tidak berdasarkan viewers melainkan per artikel.

Dengan demikian, jika ada lima artikel yang berhasil terbit di Mojok dalam sebulan, anda bisa dapat Rp 1.500.000.

Karena honornya yang tinggi itulah maka redaksi mojok cukup sibuk dan agar artiekl terbit, harus berkualitas tinggi dan menarik.

Jadi, bisa pelajari dulu konten seperti apa yang mereka publish, esai seperti apa yang mereka terima dan lain sebagianya.

Oh iya, jika ingin posting sendiri konten yang ditulis layaknya UGC, bisa manfaatkan kanal Terminal Mojok. Disitu anda bisa kirim tulisan layaknya di Digstraksi atau Yoursay.

Setiap tulisan yang berhasil terbit, anda akan dapat 1 poin. Minimal poin yang bisa dicairkan jadi uang tunai adalah 10, yang setara dengan Rp250.000.

Dengan demikian, penulis akan dapat Rp25.000 per konten yang berhasil terbit di kanal Terminal Mojok.

2. Remotivi

Situs & Media Untuk Kirim Tulisan Dapat Honor Terbaik

Suka buat artikel serius dalam bentuk kajian atau literasi? Tapi untuk topik khusus yakni jurnalisme dan media massa? Kirim ke Remotivi sekarang!

Di laman profil mereka, disebutkan kalau remotivi adalah sebuah lembaga yang melakukan kajian dan studi terhadap media di Indonesia.

Dalam kajian atau studi tersebut ada berbagai penelitian, advokasi dan penerbitan yang berkaitan dengan hasil.

Platform ini sendiri terinspirasi dari pergeseran paradigma media massa atas produk berita yang dikeluarkannya.

Sehingga, dalam beberapa pemberitaan, esensi dari satu berita hilang sehingga tanggungjawab publik di abaikan.

Jika tertarik untuk menulis di remotivi, bisa kirim artikel pada tiga topik seperti Bangku Belakang, Amatan dan Di balik layar.

Untuk topik pertama, minimal artikel yang dikirim adalah 400-600 kata. Sementara, topik yang kedua terdiri dari 800-1.500 kata dan topik ketiga antara 800-1200 kata.

Pengirimannya bisa dilakukan via email redaksi di redaksi@remotivi.or.id. Jika artikel berhasil tayang, penulis akan dapat honorarium.

3. Voxpop

Situs & Media Untuk Kirim Tulisan Dapat Honor Terbaik

Topik konten yang bisa di kirim di Voxpop cukup luas dimana bisa kirim artikel seperti opini, komik atau karya fotografi langsung.

Khusus opini, jenis konten yang diteirma hanyalah dari sudut pandang yang kreatif dan beragam untuk topik mainstream.

Situs ini sendiri terinspirasi dari peribahasa latin, Vox Populi yang artinya suara dari rakyat. Istilah inilah yang kemudian digunakan sebagia nama domain mereka.

Selain mempertimbangkan sudut pandang, penulis harus memberikan gaya penulisan yang khas dan mengalir namun tetap enak di baca.

Bisa juga disertai dengan humor agar topik tidak terlalu tegang. Inilah yang membedakan Voxpop dengan situs UGC lainnya.

Selain menerima konten dari para pembaca atau penulis, platform ini juga punya kontributor dari berbagai daerah di Indonesia.

Jika tertarik jadi kontribtor, bisa kirim artikel ke situs ini lewat email redaksi di mail@voxpop.id dengan mengikuti syarat dan ketentuan penulisan.

Mulai dari foto profil, biografi singkat penulis, nomor telepon, akun media sosial dan informasi lain yang mungkin di butuhkan.

Dan setiap kontributor yang tulisannya berhasil tayang akan mendapatkan bayaran atau honorarium.

Sayangnya, tidak diketahui dengan pasti berapa banyak bayaran atau honor yang akan diterima penulis di platform ini.

4. Yoursay

Situs & Media Untuk Kirim Tulisan Dapat Honor Terbaik

Yoursay adalah subdomain dari media nasional Suara.com yang mayoritas kontennya berbentuk User Generated Content atau konten dari pengguna.

Dengan demikian, anda bisa posting tulisan-tulisan keren buatan anda di platform ini, lalu dapatkan rewards dari situ.

Agar bisa posting tulisan, anda harus daftar dulu di platform. Untuk daftar, bisa login pakai akun Gmail, Facebook atau daftar seperti biasa.

Nantinya, setelah daftar, anda langsung di arahkan ke beranda akun. Di beranda inilah anda bisa posting konten.

Sebelum itu, agar review konten lebih cepat, anda baiknya anda lengkapi profil atau data diri dulu nama lengkap, bio, alamat, jenis kelamin, nomor handphone dan lain sebagainya.

Setelah itu, anda sudah bisa menulis di platform. Syarat penulisannya pun mudah, cukup buat konten berkualitas, menarik dan tidak mengandung SARA.

Hanya saja, tidak ada informasi berapa banyak poin yang didapat apabila tulisan sampai 1000 view dan seterusnya.

Yang jelas, setelah daftar, anda akan dapat 50 poin pertama. Tinggal tambah poin tersebut dengan menulis konten sebaik mungkin.

Jika poin sudah cukup, silahkan tarik. Minimal poin yang bisa di redeem adalah 250 poin yang setara dengan Rp.50.000 dan maksimumnya adalah Rp150.000 atau setara dengan 750 poin.

Untuk saat ini, opsi penarikannya hanya ada tiga yakni DANA, OVO dan Gopay. Dengan demikian, pastikan anda punya akun di salah satu dompet digital tersebut.

5. Digstraksi

Situs & Media Untuk Kirim Tulisan Dapat Honor Terbaik

Situs untuk kirim tulisan lalu dapat honor berikutnya adalah Digstraksi, yang merupakan salah satu platform user generated content juga.

Di laman about, disebut kalau situs ini ada untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan baca tulis masyarakat.

Karena itu, mereka ingin agar setiap konten yang di posting di laman ini berkualitas tinggi dan sarat ilmu pengetahuan.

Untuk itu, ada program partner bagi penulis yang tertarik buat konten di platform ini dimana, penulis akan dapat Rp50,000 jika ada kontennya yang dibaca 10.000 orang.

Dengan demikian, jika rajin menulis di platform dan dalam sebulan anda dapat 400.000 views untuk semua artikel, anda akan dapat Rp2.000.000.

Yang menarik, minimum penarikan di platform ini cukup rendah dimana anda hanya perlu kumpulkan Rp200.000 maka saldo sudah bisa ditarik.

Sama seperti platform lain, dimana, agar artikel anda bisa di publish, harus buat akun dulu di Digstraksi.

Untuk daftar bisa pakai akun Facebook, Twitter, Google atau mungkin daftar manual dengan mengisi kolom pendaftaran yang terdiri dari email, username dan password.

Usai daftar, lengkapi akun dengan cara mengisi semua data yang diperlukan. Kalau sudah, unggah konten pertama ada di situs ini.

Oh iya, untuk saat ini, ada penurunan jumlah karakter yang bsia di posting dari sebelumnya 350 kata kini menjadi 100 kata.

Artinya, makin besar kemungkinan anda bisa meningkatkan jumlah viwers dari konten-konten buatan anda.

Penutup

Sebelum kirim tulisan, pastikan anda kunjungi dulu platform tujuan untuk melihat syarat dan ketentuan artikel yang mau dikirim.

Selain itu, pelajari juga model artikel yang sudah terbit. Dari sinilah anda bisa tahu topik-topik mana yang paling disukai redaksi.

Demikian artikel tentang 5+ situs & media untuk kirim tulisan dapat honor terbaik 2022. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *