5+ Situs dan Aplikasi Live Streaming Game Penghasil Uang

Ada banyak kok situs dan aplikasi live streaming game yang bisa dimanfaatkan content creator untuk menunjukan kemampuannya bermain gim.

Konten yang disajikan pun cukup variatif. Misalnya, suka main game PUBG Mobile, bisa buat halaman Facebook lalu streaming disitu.

Nantinya, jika sudah memenuhi syarat monetisasi, bisa didaftarkan agar iklan muncul dalam stream. Iklan inilah yang jadi salah satu sumber penghasilan anda.

Soal ini akan saya jelaskan lebih lanjut dibawah. Selain konten game, anda juga bisa live streaming di media sosial.

Seperti misalnya di TikTok atau Bigo Live. Orientasi konten yang dibuat tentu saja berbeda. Bisa dalam bentuk QnA, kegiatan sehari-hari dan lain sebagainya.

Pengguna juga bisa kirim hadiah yang nantinya bisa ditukar jadi uang tunai. Sayangnya, di postingan ini tidak saya bahas soal itu.

Artinya, saya fokus ke situs dan aplikasi live streaming penghasil uang paling populer dengan konten utama adalah bermain game.

Karena itu, untuk anda yang ingin tahu cara live streaming game di Youtube, aplikasi live streaming game PC, aplikasi live streaming game di Android simak artikel ini sampai habis.

5+ Situs dan Aplikasi Live Streaming Game Penghasil Uang

Lantas, apa saja situs dan aplikasi live streaming game penghasil uang? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Youtube

Situs dan Aplikasi Live Streaming Game Penghasil Uang

Salah satu platform yang cukup populer untuk menghasilkan uang dari live streaming game adalah Youtube.

Misalnya nih, anda suka main PUBG New State di HP. Nah bisa live streaming disitu untuk menghibur subscriber atau menarik pelanggan baru.

Untuk monetisasinya sendiri terbagi dalam tiga bentuk, diantaranya:

  • Super sticker yang bisa dibeli penonton selama siaran langsung. Hanya saja, untuk sekarang, setahu saya, super sticker ini belum bisa tersedia untuk pengguna Indonesia
  • Super chat yang memungkinkan anda memberikan hadiah berupa chat kepada streamer yang sedang bermain
  • Terakhir adalah langganan yang memungkinkan anda dapat akses ke berbagai manfaat langganan salah satunya badge loyalitas dan emoji kostum

Selain tiga metode diatas, dalam beberapa kasus, jika channel sudah di monetisasi, akan muncul iklan saat live streaming.

Iklannya tersebut berasal dari Google AdSense. Dan tentu saja, kreator dapat penghasilan dari sini. Bahkan, bisa jadi merupakan pendapatan terbesar bagi kreator pemula.

Tiga cara monetisasi dasar diatas bisa di akses pengguna dengan cara klik ikon $ atau dollar di bawah live chat.

Sebelum memulai live streaming, pastikan juga anda punya perangkat pendukung seperti komputer, kabel output, audio dan lain sebagainya.

2. Facebook Gaming

Gaji Streamer di Facebook Gaming

Platform kedua yang tak kalah populer adalah Facebook. Facebook gaming sendiri baru dirilis awal tahun 2019 lalu untuk pengguna Indonesia.

Sejak dirilis, banyak konten creator yang ternyata lebih suka live streaming di Facebook ketimbang Youtube, entah kenapa. Mungkin saja karena basis pengguna Facebook yang masih banyak.

Untuk metode monetisasinya tak jauh beda dengan Youtube. Hanya saja, bentuk hadiahnya cukup beragam.

Mulai dari hadiah bintang untuk mendukung creator, termasuk hadiah emoji khusus yang juga berbentuk bintang.

Baca Juga:

Selain bintang, ada juga dukungan supporter yang berlanggan channel tersebut. Bayarannya per bulan, dengan berbagai benefit.

Mulai dari lencana pendukung, konten eksklusif, diskon, stiker khusus, game khusus dan grub pendukung.

Terkahir adalah dengan iklan yang muncul saat live streaming berlangsung, dengan pendapatan yang bisa saja besar atau kecil.

Pendapatan terbesar Streamer facebook dari Stars. Bahkan, sekali siaran langsung bisa dapat hingga puluhan ribu bintang.

Setiap bintang yang diperoleh streamer setara dengan $0,01. Artinya, jika dapat 100.000 stars per bulan, anda bisa dapat penghasilan hingga $1000 atau setara dengan Rp14 juta.

Contoh paling sederhana bisa lihat Zan atau Ane Firman yang meraup ribuan star per streaming. Dari stars ini juga bisa di kalkulasikan pendapatan mereka berapa per streaming berlangsung.

3. NimoTV

Situs dan Aplikasi Live Streaming Game Penghasil Uang

Nimo TV adalah aplikasi streamer langsung yang juga cukup populer di kalangan gammers Indonesia.

Tidak ada data pasti jumlah pengguna aktif di aplikasi ini berapa. Yang jelas, potensi pendapatannya sebanding dengan platform lain.

Banyak kok player kompetitif PUBGM atau Mobile Legends yang streaming disini. Metode monetisasinya pun tak jauh beda dengan yang lainnya.

Meski mayoritas pendapatan sreamer hanya berupa donasi dari penonton, tapi jumlahnya lumayan banyak dan opsi hadiahnya cukup variatif.

Mulai dari gift stars, hadiah Hot, Event, Top sampai dengan stiker stars. Viewers juga bisa dapat penghasilan dari opsi lain, seperti donasi di luar platform.

Atau mungkin rekam game play untuk kemudian di post di Youtube, Facebook, TikTok, Reels Instagram dan lain sebagainya.

Tujuannya untuk membangun basis pemirsa yang banyak. Karena jika pengikut sudah banyak, opsi monetisasi lain akan terbuka dengan sendirinya.

Selain itu, dari beberapa sumber, beberapa kreator bahkan dapat kontrak langsung dari pihak NimoTV. Sehingga, sumber pendapatan streamer bertambah.

4. Twitch

Situs dan Aplikasi Live Streaming Game Penghasil Uang

Di Indonesia, bagi saya pribadi, ada dua tempat streaming yang cukup populer yakni NimoTV dan juga Facebook Gaming.

Tidak ada data pasti berapa persentasenya, yang jelas, viewersnya lebih besar atau mungkin lebih banyak dibanding platform lain.

Meski demikian, Twitch juga banyak dimanfaatkan streamer asal Indonesia untuk menayangkan siaran langsung sendiri.

Yang menarik, opsi monetisasi yang tersedia di platform ini lumayan banyak. Pertama, ada hadiah berupa donasi kepada streamer.

Kedua dengan iklan yang tayang di sela-sela streaming berlangsung. Streamer juga bisa mendorong penonton untuk memberikan donasi di luar platform.

5. TikTok

Situs dan Aplikasi Live Streaming Game Penghasil Uang

TikTok juga menawarkan program hadiah kepada streamer yang sistemnya kurang lebih mirip dengan stars di Facebook atau superchat di Youtube.

Jenis hadiah yang ditawarkan ini ada banyak. Pertama, dengan memberikan hadiah mawar kepada streamer sehingga host bisa dapat penghasilan dari situ.

Banyak kok yang tayangkan siaran langsung game disini. Sayangnya, opsi penghasilan saat streaming di TikTok sangat terbatas.

Dimana, untuk sekarang, penghasilannya hanya berasal dari hadiah sticker dan reaksi yang harus dibeli penonton agar diberikan kepada streamer.

Saat isi ulang, pengguna akan dapat berbagai benefit seperti lencana pemberi hadiah baru, hadiah unik diskon dan koin gratis.

Mudah-mudahan, dalam beberapa waktu ke depan, opsi monetisasi streaming di TikTok bisa ditambah agar para streamer juga bisa lebih sejahtera.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini akan saya ulas dalam QnA dibawah, diantaranya:

1. Apa saja opsi penghasilan lain untuk streamer game?

Diatas sudah saya singgung beberapa opsi penghasilan lain untuk streamer selain fitur monetisasi didalam platform.

Apa saja itu? Ada banyak. Pertama, merekam game play untuk kemudian di upload di Youtube.

Jika subscriber sudah bertambah, anda bisa monetisasinya dengan AdSense atau paid promotions dari brand dan perusahaan.

Selain itu, anda juga bisa bangun basis pengguna di media sosial lain di luar dari tempat streaming anda.

Contohnya, anda streaming di Facebook Gaming. Nah bisa hubungkan dengan Youtube, Instagram, Tiktok atau mungkin platform lain.

Jika followers sudah tumbuh, bisa monetisasi juga. Caranya? Dengan menerima jasa endorsment dan iklan di platform tersebut.

2. Bagaimana cara hitung penghasilan streamer?

Tergantung platform mana yang digunakan. Hanya saja, untuk menghitung pendapatan pasti streamer agak sulit ya.

Untuk contoh saja, di artikel sebelumnya tentang Gaji Streamer Facebook gaming sudah saya ulas nilai asumsinya berapa.

Data tersebut tentu saja tidak valid. Karena hanya streamer sendirilah yang tahu berapa total pendapatan mereka.

Yang pasti, karena pendapatannya pasif, ada kemungkinan bisa dapat satu jutaan per bulan atau mungkin lebih dari 100 juta.

3. Apa saja perlengkapan yang dibutuhkan untuk streamer game?

Ada banyak mulai dari handphone, kabel plug and play, kabel audio, komputer, OBS dan lain sebagainya. Soal ini akan saya ulas panjang lebar di artikel saya berikutnya.

Penutup

Perhatikan, streamer tidak melulu tentang game. Ada kok diluar sana platform streamer yang bisa dapat penghasilan jutaan padahal hostnya hanya ngomong.

Artinya, opsi monetisasi ini terbuka untuk siapa saja. Tugas anda sekarang adalah memilih platform streaming yang tepat.

Demikian artikel tentang 5+ Situs dan Aplikasi Live Streaming Game Penghasil Uang. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar