3+ Cara Menghasilkan Uang dari Shutterstock Terbaru 2021

Sejauh ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang dari Shutterstock langsung. Penasaran apa saja caranya? Simak artikel ini sampai habis.

Di luar sana, ada banyak sekali situs microstock yang memungkinkan pengguna dapat penghasilan dari situ.

Salah satu yang paling populer adalah Shutterstock. Saya sendiri sudah payout sekali dari situs ini meski bukan dari jualan foto atau gambar vektor.

Lantas, darimana penghasilannya? Dari program referral yang tersedia. Artinya, saya merujuk orang untuk daftar jadi kontributor di Shutterstock.

Artinya, tanpa harus jualan foto pun pengguna tetap bisa dapat penghasilan dari Shutterstock meski untuk dapat tautan referral harus daftar juga sebagai kontributor.

Dengan demikian, jika sedang cari cara dapat uang dari Shutterstock dengan atau tanpa jualan foto, simak selengkapnya artikel dibawah ini.

3+ Cara Menghasilkan Uang dari Shutterstock Terbaru 2021

Lantas, bagaimana cara menghasilkan uang dari Shutterstock? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Daftar jadi kontributor di Shutterstock

Cara Menghasilkan Uang dari Shutterstock

Cara pertama adalah dengan mendaftar jadi kontributor di Shutterstock alias jualan foto, gambar vektor atau file digital.

Situs yang berkantor di New York ini merupakan penyedia file digital global terbesar dan terbaik saat ini.

Selain foto dan gambar vektor, pengguna juga bisa jual stock audio pendek, musik, sampai file digital siap pakai.

Baca Juga:

Untuk daftar sebagai kontributor, caranya sangat mudah. Tinggal kunjungi laman kontrubutor shutterstcok dan isi data pribadi awal.

Berikutnya, buka email yang digunakan sebelumnya untuk validasi pendaftaran yang dikirim via email.

Kalau verifikasi berhasil, anda diminta untuk isi formulir pendaftaran tahap dua mulai dari negara, alamat, kode pos dan informasi penting lain.

Selesai, sampai disini anda sudah berhasil daftar sebagai kontributor. Langkah selanjutnya apa? Mulai jual foto atau file digital milik anda.

Ulasan lebih lengkap soal cara daftar di Shutterstock, cara upload file digital sampai cara payoutnya, bisa baca postingan ini.

Atau, bisa daftar kunjungi situsnya langsung lalu daftar sebagai kontributor disitu dengan cara klik link ini atau disini.

2. Undang kontributor bergabung

Cara Menghasilkan Uang dari Shutterstock

Selain dengan mendaftar jadi kontributor, anda juga bisa merujuk kontributor baru untuk gabung atau daftar di platform ini.

Hanya saja, agar dapat tautan referral, harus daftar juga sebagai kontributor yang caranya sudah saya sebutkan diatas.

Hadiahnya apa? Anda akan dapat hingga $0.04 per tautan rujukan yang berhasil dan dapat 10% jika kontributor itu jualan video langsung di aplikasi.

Dan diatas sudah saya singgung kalau penghasilan saya dari Shutterstock berasal dari tautan undangan kontributor baru.

Dan sampai hari ini, saya sudah merujuk 4585 orang dengan total penghasilan $61.28 dengan rata-rata komisi yang diperoleh $0,013.

Cukup kecil sih karena mayoritas kontributor yang diundang belum jualan foto atau file digital lain yang sudah saya sebutkan diatas.

Nominal diatas diperoleh dalam jangka waktu lama, kurang lebih 2 tahun. Artinya, jika memanfaatkan cara satu ini, harus sabar sampai bisa cashout pertama.

Saya juga sudah ulas pengalaman cashout dari situs microstock satu ini. Ulasan lebih detail bisa baca disini.

3. Rujuk orang beli produk di Shutterstock

Cara Menghasilkan Uang dari Shutterstock

Cara ketiga atau yang terakhir adalah merujuk orang untuk beli produk-produk yang ada di Shutterstock.

Kalau sebelumnya anda rujuk orang atau kontributor baru maka disini anda harus rujuk orang atau organisasi untuk beli produk digital yang ada.

Komisinya berapa? 20% dari total pembelian. Dengan begitu, ada potensi menghasilkan uang hingga $200.00 jika tautan rujukan digunakan buyers.

Dengan demikian, jika punya situs, aplikasi atau Channel Youtube, bisa manfaatkan tautan diatas untuk menghasilkan uang dari Shutterstock langsung.


Perhatikan, agar bisa cairkan penghasilan ke rekening bank atau mungkin ke opsi pencairan lain yang didukung, Skrill dan Payonner misalnya, harus atur formulir pajak W-8BEN dulu.

Ini sesuai dengan pengalaman saya dimana saat Minimum Payout sudah terpenuhi, namun di bulan berikutnya penghasilan belum masuk.

Saya pun harus menunggu 2 bulan agar bisa cairkan penghasilan. Mengapa? Karena lupa isi formulir pajak.

Padahal, jika sebelumnya sudah isi formulir, kemungkinan sudah dua kali cashout sekarang. Lantas, bagaimana cara isi formulirnya? Bisa baca disini.

Itu saja sih. Selebihnya tinggal manfaatkan sebaik mungkin platform ini sebagai sampingan atau pekerjaan utama.


FAQ

Untuk beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini akan saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Berapa sih minimum payout yang tersedia di Shutterstock?

Untuk minimum penghasilan bisa di atur sesuai keinginan. Jika cashout ke PayPal, Skrill dan Payoneer, minimumnya adalah $35.

Sementara, jika tarik penghasilan ke rekening check, saldo harus $500. Dan penghasilan akan ditransfer di bulan berikutnya jika sudah mencapai ambang batas pembayaran.

FYI, jika pilih check, harus tunggu beberapa minggu atau mungkin sebulan sampai checknya masuk ke Indonesia.

Artinya, opsi pencairan ini bukan pilihan yang cocok untuk kontributor Indonesia makanya banyak yang lebih suka pakai Skrill dan PayPal.

Hanya saja, agar penghasilan itu di transfer otomatis, harus atur dulu formulir pajaknya agar pembayaran tidak di tunda.

2. Bagaimana cara jual foto di shutterstock?

Untuk caranya sudah saya sebutkan diatas. Artinya, sebelum jual foto di Shutterstock, harus daftar dulu sebagai kontributor.

Jika registrasi berhasil, akan muncul opsi untuk upload foto atau karya pertama anda. Jika karya itu berhasil di review, maka anda sudah bisa dapat penghasilan dari situ.

3. Apa saja file digital yang bisa dijual di situs ini?

Secara umum, anda bisa jual foto berbagai niche atau genre format JPEG dengan ukuran minimal 4 megapiksel.

Termasuk juga video format MOV atau MP4 dengan durasi antara 5-60 detik termasuk gambar vektor format EPS.

4. Apa saja syarat daftar jadi kontributor di Shutterstock?

Sepengalaman saya, tidak ada syarat khusus untuk daftar jadi kontributor. Hanya saja, harus punya email untuk verifikasi pendaftaran.

Selanjutnya, calon kontributor juga harus memasukkan informasi akun dengan jelas mulai dari nama, alamat dan juga kewarganegaraan.

Nantinya, semua informasi itu akan di cocokan untuk keperluan perpajakan, yang akan diisi nanti jika ambang batas penciaran sudah terpenuhi.

Penutup

Di era sekarang ini, ada banyak cara dapat uang dengan memanfaatkan internet salah satunya dengan jual file digital.

File digital itu bisa berupa foto, video, gambar vektor, gambar ilustrasi, template siap pakai, desain PPT, Audio dan lain sebagainya.

Jika jualan file digital, ada banyak situs yang bisa dimanfaatkan untuk pajang portofolio dan karya salah satunya adalah shutterstock.

Yang menarik, di Shutterstock ini penghasilan tidak saja berasal dari jualan file digital saja tapi dari referral kontributor baru dan pembeli.

Demikian artikel tentang cara menghasilkan uang dari shutterstock 2021. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar